Darmini Roza



Jelang Debat Hukum Antar Universitas Se-Sumatera, FH Unes-AAI Padang Gelar Seleksi Awal

Selasa, 10 Mei 2016 - 19:59:03 WIB



Fakultas Hukum Universitas Ekasakti-AAI Padang menggelar lomba pidato dan debat hukum di ruang belajar FH Unes-AAI Padang, Rabu, (30/9) tadi siang. Lomba pidato ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Ekasakti-AAI Padang yang diwakili oleh Wakil Dekan I Drs. Kamarruddin,SH, MH.

Wakil Dekan I Drs. Kamarruddin,SH, MH mengatakan "Ini kegiatan seleksi awal jelang debat hukum yang akan digelar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau pada tanggal 12-13 Oktober mendatang sekaligus melatih mental mahasiswa untuk aktif berdebat, pidato dan diskusi dalam event apapun," katanya.

Kegiatan ini dikuti oleh puluhan mahasiswa dari berbagai semester, mereka berasal dari mahasiswa I, III dan V Fakultas Hukum Unes-AAI Padang. Puluhan Mahasiswa ini terlihat tidak canggung mengikuti lomba pidato hukum, meski ada beberapa mahasiswa tampak kaku menyampaikan materi pidato, namun mereka tetap semangat dan tertarik untuk tampil di depan para juri.

Kamarrudin menjelaskan "Seleksi ini untuk melihat sejauhmana potensi dari mahasiswa hukum Unes-AAI Padang, dari seleksi ini melahirkan bibit dan potensi dari mahasiswa kita, cuman perlu pelatihan secara continue agar tidak canggung dan perlu upgrade penguasaan materi," jelasnya.

Ada 14 topik pidato yang disuguhkan kepada peserta lomba, diantara 14 topik cuman tujuh yang diambil oleh peserta untuk dijadikan materi pidato, diantara tujuh topik itu terdapat hot issue dampak kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Riau, Sumsel dan Jambi dalam kajian hukum pidana yang menjadi perhatian oleh beberapa peserta.

Lomba pidato ini dinilai tiga juri yakni ketua Dr. Darmini Roza, SH,MHum, dua anggota juri yakni Wirna Rosmeli, SH MH dan Salman Wahid, SH, MH.

Ketua tim juri Lomba Pidato, Dr. Darmini Roza,SH,MH mengatakan "Sebetulnya kemahiran tampil di depan forum dan mengikuti debat dan pidato itu adalah faktor kebiasaan jika sudah dibiasakan akan mendapatkan hasil yang optimal, " katanya.

Menurut Dr. Darmini Roza,SH,MH, Dari seleksi awal tadi ada empat nama yang berpotensi untuk dapat mengikuti lomba pidato di UIN Suska Riau pada 12-13 Oktober mendatang yakni Annisa Burhan dengan judul hukuman mati terhadap terpidana korupsi, Medil Reski, dengan judul pidato masuknya Tenaga kerja asing ke Indonesia, dan Dendi Kurniawan dengan judul pidato Tersangka korupsi dapat mengajukan pra peradilan dan Ega Silvia juga menyoroti hukuman mati terhadap terpidana korupsi. (008)

Source : minangkabaunews.com






ARTIKEL LAINNYA :



    ARTIKEL
    JURNAL
    KATEGORI
    VISITOR
    Pengunjung 3115
    Hits 14150
    User Online 1